Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

04 Maret 2008

Merubah Kebiasaan Untuk Mendapatkan Sesuatu Yang Luar Biasa

Syekh Ahmad bin Muhammad Athaillah dalam kitab Hikam nya menuliskan, "Bagaimana kalian menginginkan sesuatu yang luar biasa, padahal kalian sendiri tidak merubah kebiasaan diri sendiri."
Mungkin ada di benak kita keinginan untuk menjadi pengajar, peneliti, dan pelayan publik yang baik dan berprestasi. Kita ingin menjadi seseorang yang luas pengalaman dan pakar dalam bidang tertentu. Kita ingin menjadi salah satu dari penemu sesuatu. Kita ingin menjadi orang yang dikenal mampu berkontribusi dalam pembangunan masyarakat atau bahkan dunia. Tetapi kitapun tahu bahwa untuk itu semua tidak mungkin dengan kebiasaan kita sekarang. Kita akan seluarbiasa itu apabila kebiasaan kitapun luar biasa.
Dan luarbiasa itu tiada batasannya, sehingga usaha kita untuk memiliki kebiasaan yang luar biasa tidak terhingga batasannya. Sifat tamak yang diwarisi manusia akan menyebabkan manusia tidak pernah merasa puas dan menganggap dirinya sudah luar biasa. Sampai mati kita tidak akan pernah sampai pada posisi luar biasa, sekalipun apa yang kita fikir luar biasa di masa lalu sudah kita capai. Karena dalam keluarbiasaan, ternyata kita menemukan sejumlah point pencapaian yang belum kita capai. Dan untuk mencapainya kita harus memiliki kebiasaan yang lebih luar biasa. Sampai akhirnya kita tidak bisa berusaha lagi karena terputusnya kesempatan.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya