Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

17 Agustus 2008

Merdeka !!!


"Kebebasan berarti bahwa si hamba bebas dari belenggu sesama mahluk; kekuasaan mahluk tidak berlaku atas dirinya. Tanda absahnya kebebasan adalah tersingkirnya pembedaan tentang segala hal dalam hatinya sehingga semua gejala duniawi di hadapannya adalah sama." (Imam al-Qusyairi)

Kemerdekaan menurut kamus besar bahasa indonesia artinya keadaan berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah). Kemerdekaan sejati adalah jika kita tidak berada di bawah perbudakan oleh sesama mahluk ataupun diperbudak oleh perubahan keadaan kehidupan duniawi atau ukhrowi; ia hanya akan menjadi budak Alloh SWT. Tidak ada sesuatupun yang memperbudaknya, baik perkara dunia yang bersifat sementara, pencarian kepuasan hawa nafsu, keinginan, permintaan, niat, kebutuhan, ataupun ambisi. Ibrahim bin Adham berkata, "Orang bebsa yang mulia telah keluar dari dunia sebelum ia dikeluarkan dari dunia (wafat)." 

Bisr al-Hafi berkata, "Barangsiapa yang menginginkan rasa kebebasan dan ringan dalam ubudiyah, maka bersihkanlah bathinnya antara ia dan Alloh SWT. Junaid berkata, "Engkau tidak akan dapat mencapai kebebasan sejati selama masih ada sisa dunia dalam hakikat ubudiyah." al-Husain bin Manshur berkata, "Barangsiapa menghendaki kebebasan, hendaklah ia meraih ubudiyah."

Janganlah bersahabat, kecuali dengan orang mulia yang bebas, ia hanya mendengar namun tidak banyak bicara.

MERDEKA !!!

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya