Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

31 Desember 2008

Cyber Environtment


Di UPT SI STT-Garut, aku dikepung jiwa-jiwa digital

Lingkungan kerja itu terkadang mempengaruhi prikologi kita. Dalam salah satu referensi disebutkan bahwa terkadang orang teknik terkena dampak karena kesehariaannya bergaul dengan perangkat teknik. Salah satu pengaruh itu misalnya ia bergaul dengan manusia sebagaimana ia bergaul dengan perangkat kerja di di kantor. Oleh karenanya sangat perlu bagi orang teknik, khususnya orang yang bergaul di lingkungan kerja yang serba perangkat untuk menambah kesempatannya untuk dapat membangun interaksi dengan sesamanya.

Apabila tempat duduk kita dikelilingi komputer, maka satu-satunya cara untuk melepaskan diri dari kepungan perangkat cyber itu adalah masuk ke dalam cyber, menemui orang melalui dunia cyber. Itu masih bagus dibandingkan harus terus-menerus bercengkrama dengan komputer melalui pesan dialog dan tombol-tombol navigasi. Yang paling bagus, menyeimbangkan ritme pergaulan kita, antara kita dengan manusia dan dengan perangkat kerja. Dan yang terpenting adalah mengeluarkan keringat, yang pastinya hanya sedikit bisa kita keluarkan jika hanya mengandalkan komputer. Kita harus keluar dari kantor sesekali, berjalan-jalan, atau mungkin sedikit berlari kecil, membiasakan naik turun gedung dengan tangga, dan aktivitas lainnya yang dapat membakar energi.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya