Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

26 Januari 2009

Pemetaan Produk Informasi

Informasi kini menjadi aset yang sangat berharga bagi organisasi (Huang, Lee, & Wang, 1999), di mana pengambilan keputusan dan operasi efektif sangat dipengaruhi oleh kualitas data dan informasi (Price & Shanks, 2005). Bahkan kualitas data dan informasi menentukan kepuasan customer dan keuntungan perusahaan. Misalnya dalam proses bisnis pencatatan kehadiran dan penggajian Dosen, kualitas data dan informasi merupakan jaminan kepuasan Dosen dan Biro Keuangan. Data dan informasi yang tidak berkualitas akan menyebabkan kerugian baik dari pihak Dosen ataupun Biro Keuangan.

Agar informasi dapat menjadi suatu aset atau produk yang baik, maka suatu organisasi harus mempunyai prinsip :
  • Memahami kebutuhan terhadap informasi
  • Mengelola informasi sebagai produk dari suatu proses produksi yang didefinisikan dengan baik.
  • Mengelola informasi sebagai produk dengan siklus hidup.
  • Menugaskan seorang manajer produk informasi untuk mengelola produk informasi.
Untuk menyajikan pembuatan produk informasi secara sistematis dan proses-proses yang terkait, maka digunakan Information Product – Maps atau biasa disingkat IP-Maps. Information production map (IP-Map) adalah model grafis yang dirancang sebagai alat bantu untuk memahami, mengevaluasi dan menggambarkan tentang produk informasi dirakit (Shankaranarayanan, Wang, & Ziad, 2000). Pembuatan IP-Map adalah mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
  • Memilih Produk Informasi yang akan dipetakan
  • Identifikasi kolektor data, pemelihara data, dan konsumen data.
  • Menggambarkan aliran data
  • Identifikasi peran-peran fungsional

REFERENSI
Elizabet M. Pierce (2007). Integrating IP-Map with Business Process Modeling, Idea Group.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya