Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

29 Januari 2010

Tenggelam Dalam Cinta-Nya [5] - Cinta

Rawat dan besarkanlah rasa cintamu kepada-Nya dan limpahan cinta-Nya kepadamu dengan meningkatkan kualitas pengesaanmu kepada-Nya dan dengan meningkatkan kualitas kesanggupanmu dalam menapaki minhaj Rasul-Nya yang mulia. Karena semakin meningkat kualitas keduanya, maka semakin layaklah engkau dijadikan-Nya sebagai tanda-tanda kebesaran-Nya. Tanda-tanda yang akan memberikan kekuatan pembenaran akan Ketuhanan Allah dan kebenaran risalah-Nya dalam hati hamba-hamba-Nya, dan tanda-tanda yang dapat membawa dirimu sebagai kekasih-Nya yang sejati.

Sesungguhnya Allah tidak memerlukan pengakuan dari mahluk agar diri-Nya menjadi Tuhan. Dengan atau tanpa pengakuan mahluk-Nya, ia tetap Tuhan Sang Pencipta, penguasa alam raya, yang menghidupkan dan mematikan. Yang tidak bersandar kepada apapun dan tidak memerlukan sekutu dalam bentuk apapun. Tetapi hamba-hamba-Nya memerlukan hujjah yang dapat membukakan matanya sehingga mereka melihat fitrah penciptaan mereka dan meyakini kewajiban beribadah kepada Allah. Maka Allah tebarkan ayat-ayat-Nya di muka bumi, agar dengannya orang yang ingkar tidak memiliki dalih apapun yang bisa mereka gunakan untuk menolak hukuman-Nya di akhirat kelak. Dan agar dengannya pula, para pecinta Allah semakin merindukan Allah dan semakin dekat kepada-Nya di dunia ini.

Sesungguhnya yang menghambat aliran cinta-Nya kepadamu adalah ketidaksempurnaan pengeesaanmu kepada-Nya dan ketidaksempurnaan caramu dalam menyembah-Nya. Kamu tidak akan dapat berdekatan dengan Allah apabila di dalam hatimu terdapat mahluk-Nya yangdiberikan sesuatu yang seharusnya hanya boleh untuk Allah. Dan perjuanganmu untuk dekat kepada-Nya akan sia-sia, apabila kamu menapaki jalan yang tidak berarah kepada-Nya, yakni jalan yang sesat serta dimurkai-Nya atau jalan Bid'ah (mengada-ada).

Tidak akan pernah orang mengetahui bagaimana wujud pada jalan penyerahan diri melainkan dengan melihat orang yang berserah diri. Dan wujud itu hanya pada mereka yang mengenal Allah dan mengikuti jalan-Nya dengan lurus dan benar dalam hidupnya. Banyak yang mengakui atau diakui sebagai representasi orang yang berserah diri, padahal apa yang terwujud pada dirinya banyak yang bertentangan dengan dzahir ajaran-Nya.

Tidaka akan mencapai kedudukan para kekasih-Nya mereka yang pengetahuannya tentang Allah dan agama-Nya sedikit. Karena bagaimana mungkin orang mencapai puncak tertinggi jika ia tidak mengetahui letak puncaknya. Dan bagaimana mungin orang dapat mendaki bukit yang tinggi kalau ia tidak mengetahui jalan, tidak cukup strategi, dan tidak memiliki perangkat yang tepat.

Sesungguhnya Allah telah memberikan semua keperluan pencapaian kedudukan mulia tersebut melalui Rasul-Nya yang mulia SAAW, dan mewajibkan hamba-hamba-Nya untuk menuntut ilmu karena keutamaan cinta-Nya. Bagaimana cinta-Nya tidak utama, padahal segala kemudahan dan kunci keselamatan itu ada dalam cinta-Nya. dan bagaimana menuntut ilmu tidak diwajibkan, karena keutamaan tersebut tidak dapat dicapai melainkan dengan ilmu.

Sesungguhnya kekasih Allah adalah penolong mereka yang berserah diri dan rahmat bagi semesta raya. Melalui ahlak dan amal para kekasih-Nya Allah menyentuk mahluk yang dikehendaki-Nya. Dengan melihat atau tanpa melihat-Nya, sentuhan itu akan membukakan pintu hati dan membangkitkan nurani sehingga menjadi melihatlah mata hatinya. Acap kali sentuhan-Nya menimbulkan kesadaran akan kefakiran, menyaksikan kehinaan diri, dekat kepada kebenaran, dan berada dalam naungan kemuliaan, yang terkadang disertai derai air mata. Dengan sentuhan itu Ia mengembalikan hamba-Nya kepada fitrah kehambaannya dan dengannya pula banyak orang yang tersesat pada jalan tertentu.

Nabi Daud AS berdo'a, "Wahai Allah, aku memohon kecintaan kepada-Mu, dan kecintaan kepada apa yang Engkau cintai, dan kepada amal yang membuat Engkau memberiku cinta. Wahai Allah jadikan kecintaanku kepada-Mu lebih aku cintai dari pada diriku sendiri, dan dari pada keluargaku, dari pada harta bendaku, dan dari pada air dingin dikala aku kehausan."

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya