Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

26 Januari 2010

Tenggelam Dalam Cinta-Nya [4] - Berserah Diri

Ingatkanlah jiwamu bahwa segala rupa amal yang bisa dilakukannya harus untuk kepentingan ibadah kepada-Nya. Ingatkan pula bahwa ia memerlukan Allah dalam setiap usaha untuk mewujudkan amaliah atau keadaan yang dicintai-Nya. Ingatkanlah bahwa Allah Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang kepada hamba-hamba-Nya.

Wahai jiwa, engkau dicipta semata untuk menyembah-Nya, sebagaimaan forman-Nya yang artinya, "Dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku." Maka janganlah engkau melupakan Allah dan melupakan kewajibanmu untuk menyembah-Nya.

Sesungguhnya Allah telah menjadikan jalan manusia sebagai fitrah ia diciptakan, sehingga segala usaha penjauhan yang dilakukan manusia terhadap pemenuhan dan pendekatan kepada-Nya akan menyebabkan terliputi hidupnya dengan kehinaan dan penderitaan hidup di dunia ataupun di akhirat. Bagaimanapun pintarnya para pendosa dalam membutakan matanya dari melihat kehinaannya dan dalam memalingkan diri mereka dari penderitaannya, tetap saja penderitaan itu akan datang terus menerus, kehinaan mereka tidak akan dapat dipalingkan dari penglihatan kekasih-Nya, dan akibat buruknya terasakan oleh semua mahluk-Nya.

Jangan engkau mengandalkan dirimu yang lemah dan terbatas untuk mencapai sesuatu yang sesungguhnya tidak pernah akan dapat engkau capai tanpa-Nya. Apapun yang engkau anggap sebagai hasil usahamu, sesungguhnya tak lepas dari izin Allah. Seandainya engkau bisa mencapai sesuatu dalam kondisi engkau selalu melihat dan meminta kepada-Nya, maka engkau akan mendapat dua keuntungan. Keuntungan pertama engkau mungkin akan dicintai-Nya sehingga Ia akan memberimu jalan yang lebih baik dari pada jalan yang engkau lihat dan engkau kehendaki, yang akan menghasilkan sesuatu yang jauh lebih baik dari pada yang engkau bayangkan. Keuntungan kedua engkau akan mendapatkan jaminan kebaikan dari apapun yang engkau capai, sepanjang dalam perjalanan untuk mencapainya engkau tetap bersama-Nya dan tidak membuat-Nya murka.

Janganlah engkau mengandalkan dirimu dan lupa kepada-Nya, sehingga apabila kesusahan menimpamu engkau berputus asa dan semakin jauh dari-Nya. Lebih dekatlah kepada-Nya dan kuatkan niat baikmu di saat engkau yang fakir jatuh karena kefakiranmu atau dipaksa jatuh oleh-Nya. Karena yang lebih tinggi nilainya adalah kesabaranmu untuk selalu merapatkan diri kepada-Nya dan kesabaran untuk tidak berpaling dari keinginan yang baik di sisi-Nya, bukan apa yang kamu dapatkan sekalipun hal tersebut dicintai-Nya.

Manusia yang kembali kepada-Nya lebih tinggi nilainya di mata Allah dari pada Malaikat yang selalu taat kepada-Nya dan tidak berbuat kesalahan. Dan Allah murka kepada mereka yang sengaja menjatuhkan dirinya kepada kekufuran untuk mendapatkan perhatian Allah sehingga mereka tidak akan mendapatkan sambutan apapun di saat mereka kembali kepada-Nya. Kecuali mereka bertaubat dari apa yang membuat Alloh memurkainya, maka Allah memaafkan dan menyambut mereka dengan rasa suka cita.

Selalu ingatlah bahwa Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Mintalah kasih dan sayang kepada-Nya dan jangan kepada selain-Nya. Karena kasih sayang-Nya tidak terbatas dan tidak mengikat. Sesungguhnya Ia telah mengasihi dirimu sebelum engkau meminta kepada-Nya. Karena jika ia tidak mengasihimu, niscaya Ia tidak akan menjadikan dirimu ingat kepada-Nya dan meminta kasih sayang-Nya.

Ia tidak mengharapkan apapun dari mu saat Ia memberimu apa-apa yang membuatmu bahagia. Ia memberimu bukan karena permintaanmu atau karena sebab datangnya pemberian itu, tetapi karena Ia menghendakinya atas dirimu. Jika bukan karena kehendak-Nya pada dirimu, maka bagaimana bisa kamu melakukan sesuatu penyebab yang mendatangkan akibat.

Maka merasa butuhlah kepada-Nya, karena tidak ada yang bisa mengatur diri-Nya. Karena tatkala semua mahluk-Nya tak sanggup memaksa-Nya untuk mewujudkan segala kebaikan yang engkau harapkan, maka jalan yang tersisa hanyalah jalan menampakan kefakiranmu dan mengharap hanya kepada-Nya.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya