Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

05 April 2011

Menangani masalah instalasi Lazarus di Ubuntu 10

Untuk menginstall Lazarus di Ubuntu 10, cara paling mudah adalah mencari installer nya di Ubuntu Software Center. Anda bisa menemukannya dengan memberikan kata kunci Lazarus. Setelah installer ditemukan, tinggal klik tombol install nya.

Jika setelah proses instal tersebut anda mencoba menjalankannya, sebelum masuk ke dalam IDE Lazarus akan ada informasi yang menyatakan bahwa direktory source free pascal tidak ditemukan. Jika diabaikan, kemudian project dijalankan dengan menekan tombol F9, akan ada pesan kesalahan yang merujuk kepada informasi awal. Untuk menangani masalah tersebut, cari installer Free Pascal Compiler - Source Code di Ubuntu Software Center dengan memasukan keyword FPC. Setelah ditemukan, klik tombol instal nya.

Jika setelah proses instal tersebut anda mencoba menjalankannya, tidak akan muncul lagi informasi yang menyatakan direktori source free pascal tidak ditemukan. Jika anda menekan tombol F9 tanpa menambahkan komponen apapun, maka anda akan mendapatkan aplikasi berhasil dijalankan. Namun saat anda hendak mengakses event procedure milik komponen, akan ada pesan kesalahan yang menyatakan ppu nya tidak ditemukan. Untuk menangani masalah tersebut, cari MSEide+MSEgui - source files di Ubuntu Software Center dengan memasukan keyword FPC. Setelah ditemukan, klik tombol instal nya.

Setelah itu ... Lazarus pun sudah bisa digunakan untuk keperluan proyek anda.

Kesimpulannya, untuk memasang Lazarus di Ubuntu, tiga installer yang harus dijalankan:
  1. Lazarus
  2. Free pascal compiler - source code
  3. MSEide+MSEgui - source files

7 komentar :

  1. saya memakai ubuntu 10.11 tapi di Ubuntu Software Center tidak terdapat Free pascal compiler - source code dan MSEide+MSEgui - source files, mohon bantuannya...

    BalasHapus
  2. Gunakan Synaptic, cari fpc lalu install

    BalasHapus
  3. makasih gan atas pencerahannya..
    saya merasa terbantu sekali setelah sebelumnya saya putus asa karna ga berhasil install lazarus..

    maklum gan saya masih new be di linux (Ubuntu)
    trims...
    :)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. pak saya izin print modul yang bapa share di scribd.com boleh pak??
    buat belajar, ebook nya bagus pak sy suka
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, silahkan. Tapi biasanya Scribd mengijinkan download kalau anda mengunggah dokumen terlebih dahulu dengan akun anda.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya