Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

07 Mei 2011

Masalah instalasi driver printer HP Laserjet 1000 di Ubuntu 10.10


Tatkala kabel USB dari printer HP Laserjet 1000 dihubungkan ke port USB pada unit sistem, Ubuntu 10.10 langsung dapat megenalinya. Namun untuk memasang driver printer tersebut, perlu koneksi internet untuk mengunduh sejumlah kelengkapan file dari HP. Sayangnya setelah driver terpasang, kita tidak pernah dapat menggunakan printer tersebut. Halaman tes pencetakan yang seharusnya dicetak printer malah hilang entah ke mana dari dialog printing.

Untuk mendapatkan driver yang membuat printernya bekerja, kita bisa mencarinya langsung di alamat berikut ini : http://hplipopensource.com/hplip-web/index.html

Pada halaman situs tersebut, pilihlah tombol untuk mendownload HP Linux Imaging and Printing (HPLIP). Pada halaman tersebut tersedia berbagai distribusi Linux, termasuk distro kebanggaan Indonesia (IGOS). Pilihlah ubuntu sesuai dengan versi yang kita gunakan, dalam kasus ini adalah Ubuntu 10.10. Setelah itu, pilih jenis printernya, yakni Laserjet. Dan pilihan terakhir adalah menentukan model printernya, yakni HP Laserjet 1000 Printer. Setelah itu klik tombol Next dan Next hingga muncul halaman Installer Walkthrough. Halaman ini memberikan panduan instalasi setelah HPLIP nya selesai diunduh. Untuk mengunduhnya, klik tombol Download HPLIP sehingga kita dibawa ke halaman downloadnya :


Setelah itu, tinggal ikuti petunjuk pada halaman Installer Walkthrough. Hasil akhirnya, kita mendapatkan dua driver (Lihat di System | Administration | Printing). Hapus driver pertama, dan set sebagai default printer untuk driver kedua hasil menjalankan HPLIP. Setelah itu, printer pun sudah dapat dijalankan.

2 komentar :

  1. kemungkinan kasus yang sama terjadi pada printer epson seri IP1900. pasalnya ketika saya mencoba memasang printer pada SO dodolinux ubuntu, kotak dialognya menghilang. perkiraan sebelumnya proses akan berjalan, tetapi setelah menunggu sampai 10 menit proses printer tidak berjalan juga.

    BalasHapus
  2. Kalau HP sudah menyediakan halaman web khusus untuk mendapatkan driver yang membuat printernya berjalan (sebagaimana ditunjukan dalam artikel ini), bagaimana dengan Epson? Di mana kita menemukan situsnya?

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya