Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

15 Mei 2011

Saluran Informasi Akademik adalah Media Informasi Elektronik


 Salira (Saluran informasi) adalah media apapun yang mengandung informasi dan menyediakan “pipa” di mana informasi mengalir satu arah dari satu ruang informasi ke ruang informasi lainnya (Ringland, 2008). Dengan demikian saluran informasi dapat difahami sebagai media informasi karena mengandung informasi serta memiliki kelengkapan dan kemampuan untuk mengirimkan informasi. Media informasi adalah sarana (Depdikbud, 1995) seperti koran, radio, atau televisi (www12) yang dirancang untuk mendistribusikan informasi (Peters, 1994) dalam bentuk berita, pesan (Depdikbud, 1995), konsep, dan ide (www13), dari aktor sosial (Perets, 1994) kepada audien umum ataupun khusus (www13). Low (2000) menggunakan istilah media informasi elektronik untuk menyatakan sarana yang berfungsi untuk memproses permintaan dan menampilkan informasi digital.

Istilah Salira berkaitan dengan ruang lingkup informasi yang didistribusikan yakni akademik atau yang berhubungan dengan pendidikan, khususnya belajar di sekolah dan universitas (Hornby, 2000). Jika Salira adalah media informasi elektronik, maka dengan mengikuti pengertian Low (2000) Salira dapat difahami sebagai sarana yang berfungsi untuk memproses permintaan dan menampilkan informasi akademik digital kepada pengguna umum atau khusus. Sebagai agent, Salira dapat hanya menyediakan dan menampilkan informasi akademik yang diminta oleh penggunanya saja, dengan kata lain pengguna mengendalikan informasi akademik apa saja yang harus disampaikan Salira kepada dirinya. Salira dalam kapasitas seperti ini diistilahkan sebagai Salira self-service.

1 komentar :

  1. ada punya buku-buku tentang media informasi elektronik yaa.. bisa kasih tau ? hehe

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya