Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

04 Juni 2011

Mengelola Kiriman Tugas Mahasiswa di Yahoo


Berikut ini adalah tips bagi pengajar yang ingin mengelola kiriman tugas pelajarnya dengan layanan email Yahoo yang baru. Tujuan langkah ini adalah menjadikan Yahoo sebagai agent yang dapat memilah sendiri kiriman surat dan memasukannya ke dalam folder berdasarkan kategori subject kiriman.

Langkah pertama, menetapkan standar subject email yang harus dipatuhi oleh mahasiswa. Misalnya untuk matakuliah struktur data kelas A jurusan informatika, pelajar harus mengirimkan email tugasnya dengan subject mengikuti format SDIFA. Contoh subject email : SDIFATugas17197013

Langkah kedua, membuat folder dalam email Yahoo. Folder dapat anda temukan pada sisi kiri bawah. Sebelah kanan tulisan folder ada ikon plus (+) yang dapat anda gunakan untuk membuat folder baru. Silahkan klik ikon tersebut dan tentukan nama folder sesuai kode matakuliahnya, misalnya sesuai dengan contoh SDIFA.

Langkah ketiga, membuat filter dalam Opsi email Yahoo. Menu opsi atau option dapat anda temukan pada bagian atas. Pada menu tersebut, pilih Opsi Mail. Kemudian pilih filter, lalu klik tombol Tambah Filter. Tuliskan nama filternya, kemudian isilah kotak judul dengan kode matakuliah, beri tanda cek untuk cocokan huruf, lalu pilih folder yang telah dibuat. Akhiri prosesnya dengan mengklik tombol Simpan Perubahan.

1 komentar :

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya