Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

05 September 2011

Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka sungguh dia akan mengenal Rabb-Nya

Kebetulan dapat kutipan perkataan Yesus dalam Injil Thomas yang dikutip dari buku kajian tentang perpustakaan Nag Hamady, sebagai berikut :

"ketika kalian semua mengenali diri kalian saat itu kalian akan menjadi mengerti (Arifin) …"

Perkataan ini mirip dengan “Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka sungguh dia akan mengenal Rabb (Tuhan)-Nya”. yang dianggap Imam Ghazali dalam kitab Kimiya-i Sa'adah sebagai hadits Qudsi. Sejumlah ulama telah meneliti perkataan ini, yang ternyata bukan firman Tuhan dalam hadits qudsi atau perkataan Rasulullah SAW.

Dalam Gus Har disebutkan bahwa Syaikh Al-Albaniy -rahimahullah- dalam Adh-Dha’ifah (1/165) berkata, “Hadits ini tidak ada asalnya” [Adh-Dha’ifah (1/165)]. An-Nawawiy berkata, “Hadits ini tidak tsabit (tidak shahih)” (Al-Maqashid (198) oleh As-Sakhowiy)

As-Suyuthiy berkata, “Hadits ini tidak shahih” (Lihat Al-Qoul Asybah (2/351 Al-Hawi)

Dalam kitab Tamyizutthoyyib Minal Khobits Fima Yadurru Ala Alsinatinnasi Minal Hadits, karya Imam Abdurrahman Assyibani AsSyaf'i, Assamani berkata ucapan tersebut tidak dikenal sebagai hadits marfu yang sampai kepada Nabi, ia hanyalah ungkapan dari Yahya bin Muadz Ar-Razy. Imam Nawawi berkata hadits ini tidak shahih, innahu laysa bitsabit (maksudnya tidka sampai kepada Nabi). Dalam kitab lain yaitu : Asnal Matholib Fi Ahadits Mukhtalifail Marotib karya Syeikh Abdurrahman Albayruthy disebutkan Imam Nawawi berkata ungkapan itu bukan hadits tetapi ucapan Abu Said Al Khorroj atau Yahya bin Muadz Ar-Razy.

Perkataan Yahya bin Muadz Ar-Razy yang dianggap hadits ini sama dengan perkataan Yesus dalam Injil Thomas. Apa perkataan ini sebenarnya kutipan dari sana yang disalahfahami al Ghazali sebagai hadits Qudsi ? Allahu'alam.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya