Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

21 Oktober 2012

Khilafah




Dalam dunia saya ada istilah System Reengineering, di mana sebuah sistem bisa direkayasa ulang agar sesuai dengan kekinian tanpa merubah dasarnya. Merubah dasar itu sama dengan menghilangkan Sistem itu sendiri. Merubah dasar itu seperti membuat Sistem baru dari nol atau meniru Sistem lama. Bagaimanapun sistem seperti itu bukan Sistem lama

Dasar Khilafah itu adalah 'ala minhajin nubuwwah. Jika dasar ini hilang, maka Khilafah sebagai sebuah sistem itu tidak ada. Menyesuaikan Khilafah dengan kekinian merupakan suatu keniscayaan, sepanjang tidak merubah dasar tersebut, misalnya dari 'ala minhajin nubuwwah menjadi 'ala minhajin nafsiah. Yang jadi persoalan adalah, apakah minhajin nubuwah itu tidak lekang waktu? Siapapun yang mengetahui sifat Islam sebagai Dienul-Huda pasti tidak akan meragukannya.

Hadits yang artinya "Selanjutnya akan ada kembali Khilafah yang mengikuti manhaj kenabian " (HR Ahmad dan al-Bazar) menujukan adanya Khilafah yang sebaliknya, yang puncak kesesatannya adalah "Khilafah al-Masihud-Dajal". Khilafah yang sebaliknya inilah yang tidak boleh diikuti ummat, yang pantas dikritik atau dibuang jauh-jauh bukan oleh kita saja tetapi ummat manusia seluruhnya. Namun bukan berarti Khilafah akan seperti itu selamanya, jauh dari jalan kenabian, dan tidak dapat hidup dalam masa kekinian. Ia tetap dapat kembali kepada jalan kenabian, menyesuaikan diri dengan kekinian di atas jalan tersebut, berkat Islam sebagai sebagai Dienul-Huda yang terakhir.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya