Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

08 Februari 2016

Kompetensi Relawan TIK berdasarkan Perannya


Setelah menyelesaikan persiapan Ujian Akhir Semester dan kegiatan sosialisasi Saka Telematika dalam Rapat Kerja Cabang Pramuka Kwartir Cabang Garut, teringat ada permintaan contoh silabus pelatihan relawan TIK yang berjalan di Garut dari kolega di Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk kepentingan sertifikasi relawan TIK. Sebelumnya telah disampaikan kepadanya bahwa gambaran kompetensi relawan TIK sudah dijelaskan dalam buku "Aktivitas dan Kompetensi Relawan TIK" yang dibuat tahun 2013 untuk keperluan sertifikasi Relawan TIK. Akhirnya disempatkan waktu libur Imlek ini untuk memberi petunjuk bagaimana menggunakan buku tersebut untuk menentukan kompetensi yang harus diberikan kepada Relawan TIK.

Di dalam buku tersebut pada bagian Aktivitas Relawan TIK, ditunjukan tabel peran relawan TIK yang membagi contoh aktivitas relawan TIK yang diberikan oleh Acevendo ke dalam empat layanan, yakni penyediaan informasi, pengembangan sumber daya manusia, pengembangan sumber daya TIK, dan kolaborasi. Agar semua peran tersebut dapat dilaksanakan oleh relawan TIK, maka diperlukan kompetensi. Pembahasan kompetensi ini ada dalam buku tersebut yakni pada bagian Kerangka Kerja Pemenuhan Informasi dan Kompetensi Relawan TIK. Dengan bersandar kepada dua bagian tersebut dan pengalaman relawan TIK di Garut, dipetakanlah kompetensi relawan TIK berdasarkan peran-perannya. Hasilnya adalah sebagai mana tampak pada tabel di bawah. Setelah dipetakan, bisa dirujuk untuk menyusun silabus sertifikasi relawan TIK untuk kemudian diterjemahkan ke dalam buku Diklat (pendidikan dan pelatihan) Relawan TIK. Khusus di Garut, luaran ini akan dirujuk untuk membuat buku Diklat Relawan Telematika untuk anggota Kelompok Penggerak Masyarakat Informasi Komunitas TIK dan Saka Telematika.



0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya