Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

25 Februari 2016

Smartfren Community and Media Gathering


Pada tanggal 23 Februari 2016, mas Tri Herlambang dari Klix Digital memberitahu rencana kegiatan melalui Facebook yang akan melibatkan Blogger Garut. Undangannya saya terima melalui email Komunitas TIK Garut pada hari yang sama dengan penjelasan bahwa pada acaranya nanti akan hadir jajaran manajemen Smartfren yang akan berbagi layanan Smartfren tahun 2016 dan beramah tamah dengan Blogger Garut. Ipan Setiawan yang ditunjuk sebagai koordinator Smartfren Community di Garut merekomendasikan kepada Smartfren beberapa Blogger Garut untuk diundang ke acara tersebut. Sebagian besar dari Blogger tersebut saya kenali di grup Kelompok Pengguna TIK yang yang dikelola oleh pengurus Komunitas TIK Garut. Jadi undangan tersebut bagi saya sekalian merupakan temu darat dengan Blogger Garut.

Malam Jum'at tanggal 25 Februari 2016 saya memenuhi undangan Smartfren untuk menghadiri Community and Media Gathering di Kampung Sampireun. Blogger yang hadir dalam acara tersebut beragam, mulai dari dosen, guru, penyiar, hingga pelajar. Di lokasi setiap Blogger diberi salah satu produk unggulan Smartfren, yakni router 4G LTE Mifi Andromax M2Y untuk menjajal kemampuannya. Saya menunjukan produk yang sama kepada mas Tri yang diberikan oleh teh Rosa dari VMeet sebagai hadiah saat Teleconference Diskominfo Jawa Barat bersama Smartfren. Artinya sebelum mengikuti acara yang mengenalkan 4G LTE saya sudah merasakan sendiri berselancar di internet menggunakan jaringan tersebut. Layanan internet Smartfren ini sudah saya kenali dan rasakan beberapa tahun yang silam saat Smartfren masih fokus di pasar CDMA. Saya mengenalnya pertama kali dari KH Abdul Halim Musaddad saat membantu menghubungkan jaringan lokal Sekolah Tinggi Agama Islam al-Musaddadiyah dan Yayasan al-Musaddadiyah ke internet menggunakan router CDMA Smartfren.

Suasana Pertemuan Blogger Garut dengan Manajemen Smartfren

Dalam kesempatan memperkenalkan diri, saya mengemukakan pengalaman menggunakan Smartfren. Pada tahun 2012 saya menerima dua unit MPLIK (Mobil Pusat Layanan Informasi Kecamatan) dari PT Rahajasa Media Internet untuk dioperasikan oleh Kelompok Pecinta TIK Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Koneksi internet MPLIK sebenarnya menggunakan VSat. Hanya saja kendala teknis menyebabkan sambungan internetnya tidak berfungsi. Saat itu saya memutuskan untuk menggunakan dua buah router CDMA Smartfren agar semua laptop di dalam mobil tersebut bisa digunakan oleh pengguna layanannya.

Gambar Operator MPLIK dari KPTIK STTG

Gambar Potongan email yang dikirim setelah MPLIK ditarik dari KPTIK STTG

Dalam pertemuan tersebut, manajemen Smartfren menjelaskan Smartfren Community. Komunitas ini dibangun sebagai saluran komunikasi antara manajemen Smartfren dengan pengguna produk dan layananya. Selain itu anggota komunitas Smartfren juga diharapkan dapat menangani masalah teknis yang dihadapi oleh pengguna produk Smartfren dan memberikan literasi produk dan layanan Smartfren kepada masyarakat. 

Smartfren adalah provider pertama yang membawa teknologi 4G LTE ke Garut dan memiliki jaringan 4G terluas di Indonesia. Bicara tentang 4G ini saya teringat sosok Prof. DR. Khoirul Anwar, ilmuan Indonesia lulusan Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung yang menemukan sekaligus pemilik paten teknologi 4G berbasis Orthogonal Frequency Division Multiplexing. Beliau adalah Dosen sekaligus peneliti yang bekerja di laboratoriom Information Theory and Signal Processing, Japan Advanced Institute of Science and Technology, di Jepang.

Ilmuan 4G Indonesia

Smartfren menggunakan teknologi 4G LTE Advanced, di mana frequensi Time Division Duplex yang menyediakan kapasitas bandwidth yang besar dan Frequensi Division Duplex yang menyediakan jarak jangkau dalam satu pipa. Agar jaringan ini tersebar merata di Garut, Smartfren memprioritaskan penggunaan Frequensi Division Duplex. Dengan prioritas ini pengguna 4G Smartfren dapat menikmati kecepatan internet dari 2 sampai 8 Mbps. Pengalaman saya menggunakan router 4G LTE Andromax M2Y, kecepatan tertinggi yang pernah dicapai adalah 4 Mbps. Kecepatan ini berubah-ubah tergantung jumlah pengguna dan jaraknya dengan jaringan. Gambar berikut ini merupakan rekaman kecepatan dari Mifi Andromax pemberian teh Rosa yang saya gunakan. Dengan kualitas jaringan optimum, fitur terbaik dari teknologi Smartfren yakni Voice over LTE dapat dinikmati dengan kualitas tinggi dan waktu respon terbaik dibandingkan teknologi lainnya.  


Hasil pengujian kecepatan dan koneksi Smartfren

Kombinasi harga dan kecepatan yang beragam dari semua layanan penyedia internet di Garut membukakan kesempatan bagi masyarakat Garut untuk memilih layanan internet sesuai dengan kemampuannya. Kebutuhan internet berkaitan dengan kecepatan, dan pengguna akan memilih berdasarkan perbandingan tarifnya. Selamat merasakan dan memilih.

1 komentar :

  1. Bismillah, semoga dengan adanya Gathering pertama bersama Smartfren bisa membuka dan membangun #Generasi4GGarut yang lebih berkualitas :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya