Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

07 Juni 2016

Peningkatan Kapasitas Masyarakat Informatika Garut


Sesuai dengan judul kegiatannya, Peningkatan Kapasitas Masyarakat Informatika Garut, kegiatan ini ditujukan untuk memperluas wawasan masyarakat informatika di Garut dalam bidang informatika baik teori, praktik, ataupun penerapannya. Saya membuat kegiatan ini untuk tujuan :
  1. Mengambil kesempatan yang disediakan oleh Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk menyelenggarakan sosialisasi Agen Perubahan Informatika
  2. Menindaklanjuti kerjasama antara Sekolah Tinggi Teknologi Garut dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Garut ke dalam bentuk kegiatan nyata yang melibatkan anggota Pramuka Penegak dan Pandega terkait pengembangan konsep rintisan Satuan Karya Pramuka Informatika yang akan diterapkan di Garut.
  3. Menyediakan kuliah umum Rekayasa Perangkat Lunak bagi tenaga pendidik dan peserta didik di lingkungan Program Studi Teknik Informatik Sekolah Tinggi Teknologi Garut serta Sekolah Menengah Kejuruan bidang Informatika di Garut, yang materinya dapat menjadi masukan berharga untuk perumusan kurikulum baru Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
Berdasarkan tujuan tersebut, dikemaslah kegiatannya dalam sebuah tema "Membangun Desa Pintar dengan Solusi Informatika melalui Agen Perubahan Informatika dan Satuan Karya Informatika". Materi tentang bagaimana Desa Pintar dibangun dengan Solusi Informatika disampaikan oleh Dr. Ir. Inggriani Liem sebagai Tenaga Pendidik dari Kelompok Riset Data dan Rekayasa Perangkat Lunak Institut Teknologi Bandung, Agen Perubahan Informatika oleh Septriana Tangkari, M.M. sebagai Direktur Pemberdayaan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dan Satuan Karya Pramuka Informatika oleh saya sebagai ketua Satuan Karya Pramuka Informatika cabang Garut.

Pada awalnya kegiatan ini menyasar anggota Penegak dan Pandega khususnya di Gugus Depan Sekolah Menengah Kejuruan, yang oleh karenanya saya mengirim surat kepada Kwartir Cabang Garut untuk mengundang Gugus Depan yang dimaksud dengan target peserta sekitar 400 orang calon anggota Satuan Karya Pramuka Informatika yang dapat menjadi Agen Perubahan Informatika. Namun ternyata semua anggota yang dimaksud sedang mengikuti ujian di sekolahnya, sehingga target pesertanya dirubah menjadi mahasiswa program studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut yang dalam kurikulum baru akan diwajibkan menjadi relawan informatika. 

Untuk penyelenggaraan kegiatan ini, saya meminta bantuan kepada ketua Sekolah Tinggi Teknologi Garut untuk menyediakan dana talangan kegiatan sekitar sembilan jutaan. Alhamdulillah, dana tersebut cair. Dalam perjalanan menuju kegiatan, pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan program bersama antara Sekolah Tinggi Teknologi Garut dan mitranya memberikan bantuan dana kegiatan. Kondisi tersebut memberi kelancaran dalam penyelenggaraan kegiatan oleh panitia yang saya bentuk. Kondisi tersebut terwujud hasil komunikasi antar elemen penyelenggara program bersama ini :
  1. Saya melakukan komunikasi dengan Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 
  2. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut membantu komunikasi dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Garut, 
  3. Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Garut membantu komunikasi dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut, 
Untuk melaksanakan kegiatan ini, saya mengajak tenaga pendidik di lingkungan Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut untuk ikut terlibat. Alhamdulillah banyak tenaga pendidik yang mau pro aktif melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai panitia kegiatan. Di luar kepanitiaan ini, ada adik-adik Dewan Kerja Cabang Kwartir Cabang Garut yang ikut berperan dalam menyampaikan informasi dan mendata peserta kegiatan dari anggota Penegak dan Pandega.

Turut hadir dalam kegiatan ini, direktur dan pejabat Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika, kepala dan pejabat Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut, ketua dan pejabat Sekolah Tinggi Teknologi Garut, pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Garut dan Kwartir Ranting Tarogong Kidul, PT Telekomunikasi Indonesia, PT Telekomunikasi Seluler, Relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Indonesia dan pegiat TIK lainnya.


Kegiatan ini saya laksanakan untuk masyarakat informatika di Garut baik di dalam atau luar kampus agar memahami peran dan tanggung jawab sosialnya dalam pembangunan masyarakat informasi Garut. Selain itu, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi semua tenaga pendidik di lingkungan program studi yang saya pimpin untuk terlibat dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Melalui kegiatan ini saya memberikan sampel program bersama Quad atau Penta helix yang dapat diselenggarakan setiap tahun dalam rangka mewujudkan Smart Garut. Semua pihak penyelenggara program bersama ini dihimpunkan dalam satu naungan bernama Forum Masyarakat Informasi Garut.

Khususnya bagi Satuan Karya Pramuka Informatika, kegiatan ini merupakan tahap pertama menuju tahap berikutnya, yakni Orientasi Perintis Satuan Karya Pramuka Informatika tingkat Ranting di lingkungan Kwartir Cabang Garut. Saya memaparkan konsep rintisan Satuan Karya Pramuka Informatika dan rencana penerapannya dengan bantuan slide dalam kesempatan sosialisasinya. Pengukuhan Majelis Pembimbing dan Racana Sekolah Tinggi Teknologi Garut diharapkan menjadi modal dasar membentuk minimalnya satu Satuan Karya Pramuka Informatika KH Hasyim Asy'ari tingkat Kecamatan dengan keanggotaan dari Gugus Depan di lingkungan Kwartir Cabang Tarogong Kidul.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya