Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

07 Juni 2016

Persiapan kegiatan Safari Direksi Telkom ke Garut


Jum'at, 3 Juni 2016, saya dihubungi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut. Beliau mengajak saya untuk bergabung di Rumah Makan Padang Sederhana untuk berbincang dengan pak Dadan Syamsul Bachro dari PT Telekomunikasi Indonesia regional Tasikmalaya. Di lokasi kami berbincang tentang rencana safari Direksi PT Telekomunikasi Indonesia ke Garut. Rencananya safari tersebut akan diselenggarakan di Aula Musaddadiyah dan diisi pemaparan Technopreneurship untuk UKM yang ada di Garut plus bantuan untuk beberapa Yayasan Yatim Piatu di Garut. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut akan meminta Bupati Garut untuk hadir dan menyampaikan sambutan di dalam acaranya nanti. Bu Rina Kurniawati sebagai Wakil Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Garut bidang Kerjasama mendengarkan rencana bantuan untuk Pusat Pelatihan Technopark yang dibangun Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut yang juga akan digunakan untuk membentuk Kampung UKM Digital di Garut. 

Selain itu, diperbincangkan juga tentang integrasi program dan sumber daya Pentahelix (Pemerintah, Perguruan Tinggi, Perusahaan, Komunitas, dan Media) untuk mencapai tujuan bersama yang mengarah kepada terbentuknya masyarakat informasi Garut atau Smart Garut. Sebelumnya tanggal 30 Mei 2016, saya diundang oleh pak Diar Cahdiar Antadireja - Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Garut untuk diskusi di rumah beliau bersama pak Dadan Syamsul Bachro untuk membicarakan topik yang sama. Dalam dua diskusi tersebut saya memberi masukan bahwa untuk mewujudkan Smart Garut, diperlukan sinkronisasi program semua unsur Pentahelix yang kemudian diwujudkan sebagai program bersama yang luaran atau layanannya harus dapat diakses secara offline ataupun online oleh masyarakat. Diskusi belum menghasilkan kesepatakan nama domain web untuk kebutuhan akses online tersebut, apakah Smart Garut, e-Garut, atau lainnya. 

 

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya