Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

27 Juni 2016

Sosialisasi Pangkalan Data Tenaga Pendidik


Senin, 27 Juni 2016 diselenggarakan sosialisasi Pangkalan Data untuk Tenaga Pendidik di lingkungan program studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Sosialisasi ini dimaksudkan agar Tenaga Pendidik memahami hubungan data yang bersumber dari kinerja Tridharmanya dengan kenaikan jabatan fungsional dan akreditasi. Dalam kesempatan membuka acara tersebut, ketua Sekolah Tinggi Teknologi Garut sebagaimana ketua LPM (Lembaga Penjamin Mutu) menjelaskan pentingnya pengumpulan data sehubungan dengan akan diakreditasi ulangnya seluruh program studi di lingkungan Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Beliau juga mengapresiasi langkah program studi Teknik Informatika dalam menyediakan simpanan data internet untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk kebutuhan akreditasi tersebut.

Dalam pemaparannya, saya mengingatkan kembali kepercayaan Google kepada Sekolah Tinggi Teknologi Garut untuk memanfaatkan Google Application for Education di mana sivitas akademik dapat memanfaatkan simpanan data internet tanpa batas. Kesempatan ini harus dimanfaatkan untuk kepentingan akademik. Saya meminta kepada dosen untuk tidak lagi meminta kiriman tugas tercetak, tetapi dikirim dalam format dijital melalui aplikasi Google seperti Google Mail atau Google Drive. Saya menunjukan di dalam Google Drive program studi, direktori Mahasiswa yang nanti akan digunakan oleh mahasiswa untuk menyimpan luaran akademiknya dari awal hingga akhir kuliah. Hal yang sama juga untuk Dosen, program studi menyediakan direktori yang harus diisi dengan berkas dijital yang merupakan dokumentasi pelaksanaan Tridharma oleh Dosen. 

Saya menyampaikan informasi kepada Dosen bahwa sosialisasi ini merupakan langkah awal sebelum pelaporan program studi kepada Sekolah Tinggi Teknologi Garut yang akan disampaikan akhir bulan Juli mendatang, di mana isi laporannya berdasarkan isi direktori tersebut. Terkait reward and punishment yang disampaikan oleh ketua program studi Teknik Industri yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, saya menyerahkan pelaksanaannya kepada Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Program studi hanya akan berusaha mempublikasikan kinerja dosen melalui situs web program studi sebagai wujud keterbukaan informasi yang disediakan untuk stakeholders. Dengan publikasi tersebut, masyarakat dapat mengetahui kegiatan Dosen tetap program studi. 

Ketua program studi Teknik Sipil yang turut hadir dalam pertemuan tersebut menyampaikan usulannya agar Pangkalan Data tersebut juga diterapkan di Program Studi lainnya. Saya menyatakan siap mendampingi UPT Sistem Informasi dalam penerapannya di program studi lainnya. Pangkalan data ini memudahkan LPM dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk mengetahui kinerja Dosen dari jarak jauh, juga memudahkan Dosen untuk mengurus jabatan fungsionalnya karena seluruh berkas lampiran yang diperlukan tersimpan dalam Direktori tersebut.  


0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya