Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

10 September 2016

Bisa Ping tapi Tidak Tampil di Browser

Seharian ini saya memperbaiki Laptop punya teman kantor. Problem terakhir yang ditangani adalah tidak dapat dibukanya halaman situs web oleh browser manapun. Herannya kalau di ping alamat situs webnya, ada repply dari alamat tersebut. Artinya sistem berhasil menerjemahkan DNS menjadi alamat Protokol Internet nya dan mengirimkan paket untuk beberapa saat kemudian menerima balasan dari alamat tersebut. Kesimpulannya tidak ada masalah konseksi antara Laptop ini dengan internet. 

Setelah membaca beberapa pembahasan tentang kasus tersebut, diketahui solusi untuk masalah tersebut adalah dengan melakukan reset terhadap winsock. Caranya :
  1. Klik tombol Start / Mulai
  2. Ketuk Cmd dalam kotak teks pencarian Start
  3. Tekan Ctrl+Shift+Enter sehingga Cmd dijalankan sebagai Administrator
  4. Ketik netsh winsock reset dalam Command Prompt shell, lalu tekan Enter
  5. Restart komputer


Perintah tersebut menyebabkan katalog Winsock dikembalikan ke konfigurasi awal / default. Perintah tersebut menghapus semua Winsock LSP (Layered Service Providers) sebelumnya yang terpasang, termasuk LSP yang berpotensi tidak berfungsi yang menyebabkan hilangnya transmisi paket. Klik di sini untuk membaca sumber aslinya.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya