Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

21 November 2016

Menutup MABIM HIMATIF STT Garut 2016


Senin 21 November 2016 saya menghadiri penutupan MABIM (Masa Bimbingan Mahasiswa) HIMATIF (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) Sekolah Tinggi Teknologi Garut di pusat bela negara Yonif 303 Cibuluh. Sebelum upacara penutupan tidak lupa saya menyarankan kepada ketua HIMATIF agar mahasiswa baru peserta MABIM dikukuhkan sebagai anggota HIMATIF dan memberikan nomor anggota. Ketua HIMATIF memperhatikan saran tersebut dan menyatakan di dalam upacara penutupan bahwa semua peserta MABIM dinyatakan sebagai anggota HIMATIF.


Dalam kesempatan menutup acara tersebut saya menjelaskan pentingnya mahasiswa menjadi anggota HIMATIF. Mahasiswa harus memiliki kehidupan sosial yang diantaranya ditunjukan dengan kehendaknya untuk menjadi bagian dari HIMATIF.

MABIM adalah tradisi inagurasi yg dibangun oleh mahasiswa Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut angkatan pertama (1996). Saya mewakili alumni mengucapkan terima kasih kepada HIMATIF yang telah menjaga tradisi tersebut dan melakukan pengembangan prosesi inagurasinya hingga sekarang.


Sebagai ketua Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut, saya berharap HIMATIF mulai menjadikan MABIM sebagai proses yang harus dilalui oleh mahasiswa untuk mendapatkan nomor anggota HIMATIF, di mana nomor anggota tersebut menjadi syarat untuk mendapatkan layanan atau mengikuti kegiatan HIMATIF. Setiap anggota harus memiliki nomor anggota untuk menjadi pengurus atau panitia kegiatan HIMATIF.

Program studi siap memberlakukan kewajiban memiliki nomor anggota HIMATIF bagi calon asisten dosen dari kalangan mahasiswa, dan akan mendukung program kelompok belajar yang diselenggarakan HIMATIF di Laboratorium Teknik Informatika dibawah bimbingan Dosen. Saya berharap kelompok belajar ini menjadi sarana pendampingan kakak tingkat kepada adik tingkatnya dalam penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta menjadi jalan untuk dapat menghasilkan karya ilmiah atau keterampilan yg dapat dikompetisikan, dan menjadi medium kaderidasi calon asisten dosen.

Setelah disahkannya peserta MABIM sebagai anggota baru, HIMATIF wajib melaksanakan kewajibannya untuk memenuhi hak anggota, yakni mendapatkan pelayanan dan kegiatan peningkatan kapasitas. Saya berharap ke depan HIMATIF dapat mempublikasikan program kerja sebelum puncak MABIM dilaksanakan, agar mahasiswa dapat menyimpulkan penting atau tidak pentingnya menjadi anggota HIMATIF.


MABIM kali ini mengingatkan saya kepada kegiatan Inagurasi yg diikuti oleh angkatan kami (97). Beberapa keadaan sama, seperti lokasi di lapangan terbuka, tidur di tenda peleton, dan ada acara jelajahnya yg dilengkapi post test.


0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya