Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

13 Maret 2017

Pemateri Bisnis Ekonomi Digital di SMKN 2 Garut


Pagi hari itu tanggal 13 Maret 2017 saya diingatkan Ipan Setiawan bahwa siang nanti saya diminta untuk mengisi materi Technopreneurship di SMKN 2 Garut. Agak kaget karena saya benar-benar lupa agenda tersebut, sampai slide presentasinya belum sempat dibuat. Syukurlah kemarin lalu saya ikut Wirausaha Muda Digital yang diselenggarakan oleh Inkubator Bisnis Digital Pusdiklat KADIN Jawa Barat, sehingga banyak catatan dari kegiatan tersebut menjadi bahan isi slide nya. Tidak lupa saya mintakan agar saya menyampaikan materi di penghujung saja karena pukul 13.00 ada pertemuan dengan Relawan TIK dan Dosen di lingkungan Prodi (Program Studi) Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut.


Hari ini sebenarnya kondisi tubuh tidak terlalu fit karena dua hari tidak bisa tidur berkualitas akibat gangguan saluran hidung. Namun karena sudah janji menyampaikan materi, saya pun segera memicu kendaraan ke lokasi kegiatan pada pukul 14.30 lebih selepas diskusi dengan dosen. Saya berharap kepada Allah agar pengabdian kepada masyarakat ini menjadi wasilah menuju keberkahan dan kesehatan.  

Di lokasi sudah ada Ipan Setiawan, pegiat TIK yang punya hajat kegiatan dan selalu nampak enerjik. Saat masuk ke dalam ruangan nampak Muhammad Rikza Nasrullah sedang membagikan pengetahuannya kepada para siswa. Kegiatan ini merupakan sosialisasi produk minuman Yen Yen oleh pengusaha muda. Kebetukan sekali saya sangat suka minuman Liang Tea ini. Cuaca panas hari itu lumayan segar dengan meminum Liang Tea. Kandungan minuman yang membuat saya bersemangat adalah Teh Hijau. Secara umum minuman ini herbal dan baik untuk masalah pencernaan dan panas dalam serta menangani radikal bebas. Malah jadi promo, hahaha. Untuk minuman menyenangkan saya ikhlas mempromosikan.

Dalam kesempatan tersebut beberapa pertanyaan diajukan oleh siswa dan mahasiswa. Di antaranya soal kepercayaan dalam melakukan transaksi online yang disampaikan oleh mahasiswi dari STIESA Garut. Saya mengatakan bahwa kepercayaan pelanggan itu dicapai dengan sikap jujur. Membangun kepercayaan itu di antaranya dengan  menampilkan sebanyak mungkin testimoni, tidak hanya sekedar menampilkan banyaknya pelanggan yang membeli. Pengalaman transaksi online pun disampaikan, bahwa dulu saat harus belanja di internet saya memilih toko dengan badan hukum yang jelas. 


Hari ini adalah hari Bisnis Ekonomi Digital, karena diisi oleh diskusi Area 306 sebagai unit bisnis berbasis teknologi dan inkubasi bisnis digital, serta seminar Technopreneurship. Mungkin bulan pencerahan bisnis digital, dimulai dari mengikuti kegiatan Wirausaha Muda Digital dan menjadi pemateri Technopreneurship. Semua ini membuat semangat mendorong geliat perusahaan pemula berbasis teknologi di Garut semakin kuat. Alhamdulillah, semoga Allah sebagaimana biasanya memberikan jalan menuju ke sana.   


Wirausaha Muda Digital

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya