Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

20 Oktober 2017

Memetakan data di sejumlah Sheet pada sejumlah baris Sheet lainnya



Aplikasi Incremental Formula Generator ini dibuat untuk mereka yang tidak tahu cara memetakan rumus yang melibatkan data yang terdapat pada seluruh sheet dalam posisi baris-kolom yang seragam di seluruh sheetnya, ke baris pada kolom tertentu pada sheet lainnya. Seperti tampak pada contoh berikut ini :


Dalam contoh berkas di atas diketahui ada tabel rujukan di sheet yang diberi nama angka dua digit. Sheet Unit Sistem akan menggunakan data pada posisi M23 di seluruh sheet dengan rumus "='<nama sheet>'!M23". Tentunya kita perlu menuliskan untuk setiap barisnya mulai dari "='01'!M23'", "='02'!M23'", "='03'!M23'", dan seterusnya sampai "='<nama sheet terakhir>'!M23'". Aplikasi ini membantu anda membangkitkan rumusnya dengan syarat nama sheetnya merupakan angka menaik satu, i:=i+1; Seperti dalam contoh nama sheet nya 01, 02, 03 hingga sheet terakhir misalnya 10. 

Prosedur penggunaan aplikasinya sebagai berikut :
  1. Tuliskan satu rumus sampel, kemudian ganti nama sheetnya dengan karakter pengganti. Seperti dalam gambar aplikasinya, karakter penggantinya adalah titik (.). 
  2. Tentukan jumlah digit nama sheetnya. Berdasarkan contoh spreadsheet di atas, jumlah digitnya dua (2). 
  3. Kemudian tentukan berapa jumlah sheetnya. Pastikan label sheet ditulis benar jumlah digit dan sheetnya. Misalnya untuk jumlah dua digit dan sepuluh sheet anda harus memiliki sheet dengan nama 01, 02, 03, dan seterusnya hingga 10. 
  4. Klik tombol Generate sehingga muncul daftar rumusnya.
  5. Klik tombol Clipboard lalu Paste di kolom target dengan terlebih dahulu memblok sejumlah baris sebanyak jumlah sheet yang ditentukan. 
Saya sediakan link aplikasinya yang dapat anda unduh secara gratis, selamat mencoba.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya