Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

03 Desember 2017

Ada apa di balik 212 ?



212 merupakan salah satu aktivitas demonstrasi terbesar yang dilakukan oleh muslim dalam sepanjang sejarang Indonesia. Saya coba pelajari dari tafsir Ibn Karsir, apa bunyi surat 2 ayar 12 dan surat 21 ayat 2. 


أَلَا إِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُونَ وَلَٰكِنْ لَا يَشْعُرُونَ




Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar (QS.2:21).
مَا يَأْتِيهِمْ مِنْ ذِكْرٍ مِنْ رَبِّهِمْ مُحْدَثٍ إِلَّا اسْتَمَعُوهُ وَهُمْ يَلْعَبُونَ


Tidak datang kepada mereka suatu ayat Al Quran pun yang baru (di-turunkan) dari Tuhan mereka, melainkan mereka mendengarnya, sedang mereka bermain-main, (QS. 21:2)

Setelah membaca tafsir Ibn Katsir, saya memperoleh pemahaman sebagai berikut :

ADA APA DIBALIK 2.12 dan 21.2 ?

Mereka yang menyembunyikan sikap penolakan kepada Islam di dalam hati dan mengaku beriman, merasa diri sedang membangun perdamaian antara kaum yang tidak beriman dengan kaumnya, padahal tanpa sadar mereka telah berbuat kerusakan, karena usaha perdamaian yang telah dibuatnya terkesan sejalan dengan agama (yang tidak mereka imani itu), kenyataannya adalah upaya yang mengingkari agamanya, dan merupakan perbuatan maksiat (Lihat tafsir QS.2.12). Masih ada bentuk usaha perdamaian yang lebih baik dan benar menurut agama.

Mereka yang tidak menyembunyikan sikap penolakan kepada Islam dan mengaku kafir, memang mendengarkan ayat al-Quran yang dibacakan, tetapi sebenarnya mereka itu bermain-main, tidak menyimaknya, karena tidak percaya kerasulan Muhammad SAW dan firman Allah yang dilisankannya (Lihat tafsir QS.21.2). Maka apakah mereka percaya muslim sedang mengikuti agama yang benar dan setuju syariat Islam itu penting ?

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya