Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

28 Maret 2018

KIA Spectra Wing dan Carens 2


Tidak banyak orang yang mengenal mobil sedan KIA Spectra Wings. Bahkan mungkin montir bengkel KIA pun ada yang belum pernah melihatnya, seperti penuturan salah satu personel di salah satu bengkel KIA di Bandung. Sebagian ada yang menyebutnya KIA Shuma, padahal seberanya berbeda sekalipun tampilannya hampir identik. 

Penampilan mobil ini elegan, teman saya bilang seumpama Mercy nya KIA. Harga jual bekas termahal untuk keluaran 2002 sekitar 65 jutaan, hampir sama dengan harga jual bekas KIA Carens I tahun 2002. Harga bekas sedan dengan tampilan elegan ini tentu saja jauh lebih murah dibandingkan sedan lain keluaran tahun yang sama dengan brand yang dikenal seperti Toyota, Honda, dan lain sebagainya. Harga barunya saat itu adalah sekitar 125 jutaan. Nilai tukar rupiah terhadap dolar saat itu sekitar 9.049 rupiah, sehingga harganya kalau mengikuti nilai tukar saat ini (13.764) adalah sekitar 190 jutaan. Dengan demikian harga bekasnya sekarang kurang dari setengahnya. Penyebab utamanya seperti biasa adalah karena pajak sedan yang lumayan, serta brand KIA yang konon spare-part nya jarang dan mahal. 

Mungkin pemilik KIA Spectra Wings merasa gelisah saat bagian kendaraannya mulai bermasalah, membayangkan betapa sulitnya dan mahalnya menemukan spare-part mobil tersebut.  Tetapi jangan khawatir, ternyata spare-part KIA Carens 2 cocok untuk mobil ini, dan harganya pun relatif lebih murah dibandingkan spare-part aslinya. Berikut ini beberapa komponen Carens 2 dan harganya yang saya peroleh dari beberapa bengkel dan toko sparepart di Tasikmalaya dan Bandung :

  1. CV-Joint, Rp. 425.000
  2. Starter Assy, Rp. 2.060.000
  3. Shock-breaker belakang, Rp. 650.000
  4. Disc Pad, Rp. 345.000
  5. Kop, Dekrup, dan Druk, Rp. 1.250.000

Salah satu toko spare-part terkenal dan lumayan lengkap untuk kendaraan Korea ada di Bandung, yakni Kosambi Express, lokasinya di sini :

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya