Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

11 November 2018

Kendali Nafsu


Hawa nafsu itu tunggangan yang buta bagi setan dan raja hati, syahwat dan ilmu yang jadi tali kekangnya.

Nafsu itu beragam kondisinya, dari yang terendah hingga tertinggi, dari amarah hingga kamilah. Kondisi nafsu manusia tergantung syahwat mana yang diikutinya. Syahwat itu ada yang baik dan buruk. Bila akal / ilmu / kebenaran diikuti dan digunakan untuk memilih syahwat yang baik dan menguatkan hawa untuk terus mengikutinya, maka kondisi akhir nafsunya bisa menjadi baik. Namun tidak halnya jika sebaliknya.

Raja hati itu istilah yang saya temukan dalam tulisannya Ibnu Arabi. Beliau mengatakan bahwa manusia itu seharusnya jadi penguasa / raja dalam hatinya. Jangan manusia sampai diperbudak oleh syahwat yg buruk sebagai akibat berpaling dari kebenaran / ilmu. Bila kondisinya diperbudak, nafsu ini akan jatuh ke dalam kondisi amarah yg selalu mendorongnya kepada keburukan. Bila nafsu kondisinya demikian maka setan dengan leluasa menungganginya, menjadikannya sebagai kaki tangan dalam keburukan. Namun jika sebaliknya dan menjadi penguasa hati yg berdaulat, maka dia akan menjadi kaki tangan Allah, yang dengannya Dia berbuat kebaikan bagi semesta alam.

Pada dasarnya nafsu / jiwa kita ini buta. Pada saat Allah memberinya pemahaman, maka jadilah ia melihat / mengetahui segala sesuatu. Dengan literasi itu manusia menjadi dimuliakan oleh mahluk dengan perintah Nya, kecuali oleh iblis yg sombong. Demikianlah kondisi manusia pertama, Adam a.s., yang pada awalnya beliau buta dari mengetahi sesuatu, lalu Allah membuatnya melek setelah memberitahu nama-nama ciptaan Nya. Namun kebutaan itu tetap ada dan tanpa batas, tersibak sebagian kecilnya dgn ilmu yg datang padanya melalui keenam inderanya.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya