Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

12 Januari 2020

Bertetangga dengan Kucing


Sepasang kucing suka datang tiap hari dgn menuruni tangga utk meminta sesuap daging kpd kami. Kucing betinanya sekarang sedang hamil, paling rewel kalau lihat orang buka tutup meja makan. Kucing tsb paling disayang sama anak bungsu, sampai pernah nangis saat kucingnya sakit. Kucing jantannya seperti biasa tdk banyak mengeong, atau mungkin tdk bisa mengeong, tapi paling sigap ngambil makanan. 

Anaknya suka tidur di atas tumpukan ban yg ada di Garasi. Dia tdk tahu rute jalan ke atas yg dipake induknya utk mendapat sesuap daging dari kami. Di musim kemarau, anak-anak lainnya dari dua pasangan tsb menjadi penghuni saluran air yg bagian atasnya tertutup beton jalan. Dua anak kucing berwarna oranye suka keluar dan main di jalanan kompleks.

Kalau dihitung, ada 7 kucing yg suka mendatangi atau tinggal di kompleks rumah. Ada dua yg berbulu hitam lebat, yakni induk jantan dan anak jantannya. Anak jantan itu tumbuh bersama kembarannya dan lahir di atas atap rumah. Saya hanya melihat salah satunya saja yg sekarang ini tumbuh hingga dewasa. Dan seperti dulu saat masih kecil, dia berkarakter kucing liar yg tdk mau dekat-dekat dgn manusia. Padahal bulunya yg lebat menposisikannya sebagai potensial kucing rumahan.

Dulu orang merasa senang dgn adanya kucing, katanya biar tdk ada tikus di rumah. Tapi sekarang ini saya lihat kucing tdk terlalu agresif dgn tikus, atau kejar2an selayaknya T&G. Pernah sekali waktu saat hendak keluar dari kompleks, saya tengok seekor kucing berpapasan dgn tikus sebesar anaknya. Mereka cuma pandang2an, lewat, dan tdk terjadi apapun ๐Ÿ˜…

Nabi SAW bersabda yg artinya, "di dalam setiap apa yg bernyawa ada pahalanya" (HR Bukhori dan Muslim)


Di dalam setiap apa yang bernyawa ada pahalanya.”

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya