Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

09 Mei 2020

Komunikasi yang Merendahkan Hati



Perbedaan pengetahuan/pendapat yg sering dihadapi dlm proses komunikasi, tdk seharusnya dijadikan kesempatan utk menjadikan "saya yg paling benar dan yg lain salah, saya yg unggul dan yg lain tdk unggul". Sebaiknya cukup hanya sebatas utk memperkaya keilmuan saja dan diniatkan utk menambah kesyukuran. Tdk seharusnya kita yg limited merasa paling benar dan unggul secara absolut.

Dari sekian lama waktu yg dihabiskan utk saling kirim pesan dlm proses komunikasi, bukan "ping-pong pesan" nya atau "gaya ping-pong" nya yg penting, tapi "pesan apa" yg disalingkirimkannya. Pesan itu hrs dapat memperkaya pembendaharaan ilmu dan menimbulkan atau menambah kesyukuran. Dengan demikian tdk ada waktu yg terbuang percuma, dan kita mendapatkan waktu yg berkualitas dlm kesempatan interaksi antar personal.

Ada satu fase manajemen pengetahuan yg hrs selalui dilewati, yakni fase "manage" di mana pengetahuan yg tersimpan senantiasa divalidasi, dan diperbaharui atau dikokohkan, seiring dgn datangnya pengetahuan baru dari proses komunikasi dan lainnya. Fase ini menghantarkan kita pd satu kesadaran bhw pengetahuan yg kita miliki itu limited dan nisbi, hanya Tuhan saja pemilik pengetahuan yg unliminted dan absolute. Di titik ini kita bisa mengambil kesempatan utk segera merendahkan hati.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya