Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

19 Juli 2020

Geliat Pariwisata Garut dan Isu Protokol Kesehatan

Hari ini saya melewati jalan menuju arah Nagreg. Tadinya mau memenuhi undangan pertemuan jejaring pertemanan Medsos di RM Cibiuk, namun juru parkirnya bilang tdk ada ruang parkir kendaraan yg tersisa. Katanya di dalam sedang ada kumpulan komunitas mobil tertentu.

Ada banyak RM di sepanjang jalan yg area parkirnya dipenuhi oleh kendaraan. Nampak banyak mobil memenuhi ruang parkir RM Astro hingga membludak ke luar gerbang. Biasanya kalau lewat atau singgah di sana, ruang parkir di dalam gerbang masih memadai. Rupanya industri pariwisata di Garut sudah mulai menggeliat.

Karena sudah lewat dzuhur, saya pun menepikan kendaraan di RM yg nampak selalu ramai dikunjungi kalau kebetulan lewat sana. Nampak tdk ada protokol kesehatan yg dijalankan, seperti pengecekan suhu, fasilitas cuci tangan di luar pintu, dan jaga jarak. Agak riskan juga di dalam sana mengingat para pengunjungnya bukan hanya masyarakt Garut yg sudah berada di zona hijau. 

Sepertinya agak sulit bagi RM nya utk mengendalikan pengunjung agar hanya setengah daya tampungnya saja. Tdk ada orang khusus yg melaksanakan fungsi kendalinya. Hampir semua pelayan tanpa masker itu sibuk melayani pengunjung yg tdk hentinya keluar masuk rumah makan laris tsb. 

Semoga para penghantar makanan yg hilir mudik melayani pelanggan dan juru parkir tanpa masker itu tetap terjaga kesehatannya. Usaha menjaga rejeki kesehatan sama pentingnya dgn usaha menambah rejeki materi.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya