Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

25 Agustus 2020

Relatifnya Penilaian Keadaban


Sombong itu berpaling dari kebenaran yg relatif. Seseorang disebut sombong oleh orang lain saat ia berpaling dari sesuatu yg dianggap benar oleh orang lain tersebut. Alasan berpalingnya dua, yakni karena ia menentang anggapan tsb yg diyakininya sebagai kekeliruan dgn alasan semantik atau lainnya, atau ia setuju dgn anggapan tsb tetapi memilih utk menentangnya dgn alasan psikologis.

Sikap seseorang yg berpaling dari sesuatu yg dianggap benar oleh orang lain karena meyakini kekeliruannya, bagi orang lain tersebut dianggap sebagai kesombongan, namun bagi dirinya dianggap sebagai kebenaran. Membalas kesombongan dgn kesombongan di antaranya adalah dgn berpaling dari kebenaran tsb sebagai wujud penentangan kpd anggapan orang lain tsb. Sikap tersebut dianggap sebagai sedekah yg adakalanya dilakukan dgn tetap menjaga adab dan ada pula yg sebaliknya. 

Adakalanya seseorang mendiamkan ketidakadaban orang lain yg disukainya, dan bersuara lantang menolak ketidakadaban orang lain yg tdk disukainya. Pada dasarnya yg ditolak bukan ketidakadabannya, dan boleh jadi bukan krn tdk setuju dgn kebenaran anggapannya, tetapi krn masalah psikologis.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya