Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

25 Agustus 2020

Tetap Hidup dalam Nasihat


Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun. Turut berduka atas wafatnya KH Umar Abdulhakim (Mama Dudu Pst Sumur). 

Pertama kali bertemu beliau beberapa tahun yg lalu saat mengunjungi Ponpes Sumur bersama teman2 Relawan TIK Jawa Timur selepas kegiatan peluncuruan program ICT4Pesantren Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Alhamdulillah rezeki kami bertemu dengan beliau. Saat itu beliau keluar dari kamar selepas salat, padahal sebelumnya dicari di sana tdk ada. 

Bertemu dgn beliau serasa terangkat seluruh beban di dalam hati. Saat itu saya bertanya kpd beliau, apa yg harus dilakukan utk kembali kpd Allah? Beliau menjawab, bacalah "Allah" terus menerus. 

Saat itu saya tertegun, sebab wirid tsb sudah lama pergi dari hati. Wirid di masa lalu yg tdk pernah berhenti sekalipun telah masuk ke alam mimpi. Wirid yg telah menghantarkan ke alam perenungan yg mendamaikan di masa kuliah dulu. Jawaban beliau tersebut saya anggap sebagai nasihat sekaligus ingatan dan ijazah. 

Warid adalah karunia, tdk mudah mendapatkannya. Tdk bisa kembali hanya dgn sebuah buku ttg Allah yg diberikan seseorang yg bisa mencerabutnya. Sampai detik ini saya blm mendapatkannya, memetik ketenangannya. Sekalipun beliau telah wafat, beliau tetap hidup dlm nasihat yg akan selalu diingat. Saat pertama bertemu dan hingga kini, perasaan saya tetap sama, bersama beliau secara ruhiyah lebih baik dari pada dunia dan isinya.

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya