Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

10 Desember 2021

Fase Menulis

Setidaknya ada tiga fase yg harus dilalui dalam pembelajaran literasi, yakni 1) Motivasi yg fokus pada kuantitas tulisan, 2) Kreativitas yg fokus pada kualitas tulisan, dan 3) Produktivitas yg fokus pada kuantitas dan kualitas yg berdampak positif.

Menumbuhkan motivasi menulis harus dengan pembiasaan yg pada awalnya tdk perlu memperhatikan kualitasnya, minimal etika tulisannya diperhatikan. Pembiasaan tsb harus dilengkapi oleh komitmen membaca dan mendiskusikannya dgn diri sendiri dan orang lain. Di fase ini seseorang dapat menuliskan tulisan orang lain yg bermanfaat dan menyebarkannya, sehingga terjadi peningkatan jumlah konten positif. Sebaiknya ia mampu menuliskannya dgn bahasa sendiri sebagai hasil diskusi bacaan. 

Seseorang masuk ke fase kreatif saat menuliskan apa yg dibacanya dgn bahasa sendiri, dan diperkaya dgn fikirannya terkait bacaan tsb, sehingga tulisannya nampak otentik. Ujung fase ini adalah kemampuannya tdk hanya dalam menuliskan apa yg difikirkannya setelah membaca pustaka, tetapi juga menuliskan apa yg difikirkannya setelah memperhatikan lingkungannya. Sebaiknya ia membekali diri dgn etika dan kemampuan berfikir yg benar agar tulisannya berbobot, sehingga bukan hanya dirinya saja yg terhibur dgn tulisannya tetapi juga orang lain. 

Seseorang masuk ke fase produktif apabila minimalnya ada satu pembaca yg menikmati tulisannya. Nilai produktivitasnya meningkat saat orang lain ikut menyebarkan tulisannya, sehingga ada banyak orang yg memperoleh manfaat tulisannya. Hal tsb mewujudkan amal jariyah, di mana keberkahan akan maujud saat kemanfaatan tulisannya terus bertahan. Puncak fase ini adalah manfaat ekonomi, di mana penulis memperoleh profit yg membuat kegiatan menulisnya lebih produktif lagi.

Mengajarkan orang lain utk menulis itu memang bisa dilakukan tanpa keluar uang sepeser pun. Tetapi semakin besar usahanya, pada akhirnya pegiat literasi akan memerlukan uang utk operasional dan peningkatan kemampuannya. Itulah sebab kenapa puncak produktivitas itu kontribusi yg ditunjang oleh profit. 

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya