Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

10 Desember 2021

Kreativitas yang Adil

Setiap kali berkedara, saya selalu menemukan pengendara yg kreatif melawan aturan lalu lintas, seperti berbelok kanan di jalan Cimanuk sekalipun ada larangan belok kanan, dan parkir di tempat larangan parkir. Kreativitas itu baik, tetapi harus adil, yakni berkreasi tanpa melabrak aturan. 

Utk membuktikan fenomena tsb, saya memperhatikan hasil uji kreativitas pada sampel. Tugas yg harus dikerjakan oleh sampel adalah membuat tulisan dgn pilihan topik yg banyak dan melaporkannya dlm berkas yg diberi nama dgn kode tertentu. Ternyata ada banyak sekali sampel yg kreatif, di mana berkasnya tdk cukup diberi nama sesuai intruksi tugas, ditambahi kata lainnya. Bahkan ada yg sama sekali tdk menggunakan kode tsb, entah krn menganggap kode tsb tdk lebih keren dibandingkan nama yg dipilihnya, atau pertimbangan lainnya. 

Saya teringat kuliah pak Kridanto Surendro saat mengikuti program Magister dulu. Beliau mengatakan kepada kami bahwa tugas yg mudah tetapi terlihat susah di kalangan orang dewasa sekalipun adalah menulis nama berkas sesuai intruksi atau aturan yg ditetapkan. Kemampuan kreavititas yg adil itu sangat penting, karena ketidakadilan membuat kreativitasnya tidak "nempat". Ketidakadilan dapat menyusahkan orang lain. Mungkin saja kondisi sederhana yg menjadi indikasi adanya motif melabrak aturan berlalu lintas yg sering saya lihat adalah kemampuan tsb.

#PersepsiCahyana

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya