Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

14 Februari 2022

Alasan Jalan Tidak Gratis

Di musim penghujan ini ada banyak sekali lubang di jalanan. Lubang tersebut membuat kaki-kaki kendaraan bermotor mengalami siksaan, sehingga penggunanya mungkin pada akhirnya harus mengeluarkan biaya service. Tetapi kerugian demikian tdk seberapa dibandingkan kehilangan nyawa. Ada kalanya lubang di jalanan menyebabkan pengendara mengalami kecelakaan. 

Semakin panjang jalan, semakin mahal biaya pemeliharaannya. Semakin terbatas anggarannya atau panjang proses birokrasinya, semakin lambat proses pemeliharaannya. Itulah mungkin sebab kenapa sebagian jalan menjadi jalan tol yg dikelola oleh swasta, di mana biaya pemeliharaannya dibebankan hanya kepada penggunanya saja. 

Kalau semua jalan gratis, hal tsb akan sangat membebani anggaran pendapatan dan belanja daerah, membebani seluruh rakyat baik yg menggunakan atau tdk menggunakan jalan tsb. Rakyat di pelosok ikut menanggung pemeliharaan jalan di tempat lain yg kondisinya jauh lebih baik dari jalan di tempatnya. 

#PersepsiCahyana

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya