Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

20 Mei 2022

Menyelesaikan Masalah dalam Keterbatasan


Musim penghujan, aspal kalah sama genangan air yg tdk bisa mengalir, di antaranya krn sistem drainase yg blm baik. Perbaikannya yg lama boleh jadi krn dua sebab, ketiadaan perhatian atau anggaran. Kepastiannya bisa diperoleh dgn melakukan ricek ke dinas PU atau anggota Dewan, butuh berapa anggaran perbaikannya dan apakah ada alokasi anggaran di kabupaten atau provinsi yg cukup utk menyelesaikan masalah tsb?. Sebab boleh jadi masalahnya belum selesai bukan krn tdk ada perhatian padanya, tetapi krn anggarannya tdk mencukupi.

Keberhasilan Indonesia menangani pandemi adalah seperti negara lain, yakni dgn menjaga kesehatan melalui vaksinasi dan lainnya, serta menjaga ekonomi masyarakat melalui subsidi dan lainnya. Anggaran banyak diarahkan utk ikhtiar-ikhtiar tsb, sehingga pastinya akan ada urusan lain yg level urgensinya berada di bawah yg dikorbankan. Tdk perlu jauh-jauh, cek kebijakan penggunaan dana desa di masa Pandemi.

Dlm kondisi tertentu kita hrs memaklumi suatu keadaan selama keadaan tsb terjadi krn adanya urusan yg lebih penting. Mengeluh itu manusiawi dan dapat menjaga setiap orang utk terus memperhatikan urgensi solusi utk masalah yg dikeluhkan. Solusinya tdk harus sekarang. Tetapi dgn adanya perhatian, solusi akan terwujud begitu ada kesempatan. Namun keterbatasan kesempatan membuat tdk semua masalahnya selesai sekaligus. Penyelesaian masalahnya dicicil sesuai skala prioritas.

#PersepsiCahyana

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya