Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

27 Mei 2022

Penilaian Salah

Malam ini saya mendengarkan seorang sahabat yang mengeluhkan saudaranya yang memberikan penilaian salah kepada dirinya, sehingga ia harus meminta maaf. 

Saya mengatakan kepada dirinya, bahwa manusia itu secara default (pada dasarnya) adalah mahluk yang memiliki kelemahan. Sekelas Nabi Yusuf saja masih berkata, "Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang." 

Fungsi orang di sekitar kita adalah sebagai cermin utk menunjukan kekurangan, sebagai bahan perbaikan utk peningkatan kualitas hidup. Memang penilaian manusia itu akan berbeda-beda, seperti kondisi cermin yg tdk semuanya baik. Mungkin saja apa yang dianggap kurang itu memang kekurangan, atau kekurangan yang dilebih-lebihkan, atau kekurangan bagi dia namun tidak bagi kita, atau mungkin saja penilaiannya salah. 

Kita tetap harus mendengarkan sekalipun penilaiannya saat ini kita anggap salah. Boleh jadi di masa depan kita akan dapat memahaminya, sehingga kesalahan itu terlihat. Atau dari kesalahan penilaian itu kita memperoleh sesuatu yang benar sekalipun tidak mencerminkan diri kita yg sebenarnya, sehingga baik untuk didengarkan dan diingat.

#PersepsiCahyana

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya