Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

22 Juli 2022

Islamophobia atau Extremophobia?

Adakalanya penggunaan istilah #Islamophobia oleh sebagian kalangan itu merupakan generalisasi keliru. Secara teks bermakna "takut Islam", padahal yg ditakuti oleh mereka yg dituduh Islamophobia itu hanya "pemahaman Islam politis yg ekstrem ala Khawarij". Mungkin lebih tepatnya bukan Islamophobia, tapi extremophobia atau istilah lain yg lebih tepat. 

Generalisasi keliru lainnya misal klaim serangan terhadap "umat Islam", padahal hanya terhadap kelompok tertentu. Maksud generalisasi semacam itu adalah utk menghasut agar ada dukungan kpd kelompoknya. Cara berfikir rancu seperti ini biasanya krn pengaruh ekslusivisme. 

Contoh ajaran agama yg menganut ekslusivisme: seseorang bisa mengucilkan atau menyebut muslim di luar kelompoknya sebagai kafir atau ahli neraka hanya krn beda pemahaman keagamaan. Bahkan ajaran tsb dapat memicu kekerasan fisik hingga genosida, menumpahkan darah saudara seagama sendiri. Tidak mengherankan bila korban terbesar khilafah Baghdadi aka ISIS adalah kalangan muslim. Sangat wajar bila ada masyarakat Islam dan selainnya yg phobia terhadap model Islam ekstrem seperti itu. 

#PersepsiCahyana

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya