Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Permendikbud 49/2014 Pasal 1:14)

27 Juli 2022

Post Truth

Gambar di atas adalah isi artikel Cahyowati dalam Putro dkk (2020) berkaitan dengan aliran post-truth dan hate speech yang dapat bermuara ke konflik sosial.

Truthiness atau kebenaran adalah sesuatu yang terasa benar, bahkan tidak harus didukung oleh fakta (Colbert, 2005). Filsuf Harry Frankfurt berkata, ketika seseorang membual, dia tidak harus berbohong, cukup hanya menunjukan ketidakperdulian terhadap apa yang benar. Post-truth  atau paska kebenaran berkaitan dengan keadaan di mana fakta objektif kurang berpengaruh dalam membentuk opini publik dari pada perasaan dan kepercayaan pribadi (Oxford Dictionary). Post-truth adalah ketika seseorang berpikir bahwa reaksi orang banyak benar -benar mengubah fakta tentang sebuah kebohongan. Post-truth merupakan suatu bentuk supremasi ideologis, di mana para praktisinya mencoba memaksa seseorang untuk percaya pada sesuatu, apakah ada bukti yang baik untuk itu atau tidak

#PendidikanCahyana
#LiterasiDigital

0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya